Tribratanews Polres Bangka Selatan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan bersama Tim KRYD Polres Basel, Sabtu (11/07) malam kembali menggelar razia kendaraan di Kota Toboali tepatnya di simpang Teladan Toboali.

Dalam razia kali ini Satuan Lalu lintas Polres Basel berhasil menjaring 40 pengendara yang terjaring dengan mengamankan barang bukti (BB) berupa 24 STNK dan 16 Kendaraan bermotor.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji melalui kasat lantas AKP Misraya mengatakan dalam razia ini tidak hanya fokus pada kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM saja. Tapi juga pelanggaran yang tampak nyata seperti tidak menggunakan helm, knalpot racing dan penggunaan lampu yang tidak standar.

“Razia ini kita lakukan pada malam hari mengingat waktu malam hari ini rawan sekali tindak kejahatan. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga ketertiban masyarakat saja akan tetapi kita menjaga ketertiban lalulintas secara umum,” ujarnya.

Selain itu, Tujuan dari Razia ini adalah untuk mengamankan lalu lintas jalan protokol di malam minggu juga masyarakat secara umum akan merasa aman berkendara di jalan, Lanjut Kasat menjelaskan.

Apalagi, lanjut dia, saat khusus untuk wilayah Kabupaten Bangka Selatan harus kita akui tingkat kepatuhan masyarakat terhadap peraturan berlalu lintas masih sangat minim terutama di malam hari. Terbukti dari pengendara yang melanggar yaitu 23 Pegendara tidak Menggunakan Helm, pelanggara SIM sebanyak  8 Pengendara serta Pelanggaran STNK 9 Pengendara. Di sisi lain masih banyak anak-anak di bawah umur yang sudah berani mengendarai sepeda motor bahkan dengan izin orang tua sendiri.

 “Kita harap melalui razia rutin dan sanksi tilang yang kita berikan ini dapat memberikan efek jera bagi para pelanggar serta dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan tertib administrasi, serta yang menjadi keprihatinan tersendiri, banyaknya anak dibawah umur yang sudah berkendara bahkan orangtuanya sendiri pun tau dan mengizinkan,ini sangat disayangkan” Jelas Kasat.

Giat Sosialisasi tentang Tertib berlalu lintaspun selalu digiatkan,baik melalui radio, media streaming, online, cetak hingga baliho atau spanduk hingga kelompok-kelompok masyarakat oleh Satuan lalulintas Polres Bangka Selatan.

“Sosialisasi ini tak hanya kita lakukan di jalan raya saja akan tetapi juga kita sampaikan dan kita terapkan lewat radio, media streaming, onlinine, cetak hingga baliho atau spanduk dan kelompok masyarakat terlebih saat ini kita sedang menuju tatanankehidupan baru atau New Normal,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini