tps
Kapolres Saat mengecek Pengamanan TPS

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Kepolisian Resor Bangka Selatan bersama instansi terkait melaksanakan Pengamanan Pemilihan Kepade Desa Serentak pada hari ini, Senin (16/12) yang telah dimulai pada pagi tadi.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji, Megatakan bahwa pergeseran Personil Pengamanan Polres Bangka Selatan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang ongin menyampaikan hak hak politiknya dalam rangka meminpin desa di lingkungannya yang berada dalam  wilayah hukum Polres Bangka Selatan dengan sasaran utama adalah pengamanan di TPS.

“Perlu diketahui dinamika situasi pada tahapan Pilkades, setiap saat dapat  berubah, maka dari itu agar Bhabinkamtibmas dan unit Intelkam maupun personel  PAM TPS melakukan penggalangan dan melekat kepada masing-masing calon Kades dan apabila terdapat potensi kerawanan sekecil apapun agar segera disampaikan,” kata Kapolres.

Lanjut, kapolres, di wilayah hukum Polres Bangka Selatn terdapat 3 desa di dua kecamatan yang menyelenggarakan, masing masing wilayah kecamatan Toboali adalah desa Bikang dan desa rindik sementara satu desa lainnya di desa Bencah Kecamatan Air Gegas.

Dari beberapa desa tersebut dijumlahkan ter dapat 14 TPS  yang mana di polakan pengamanan pada masing-masing tps terdapat 2 personil Polres Bangka Selatan yang melaksanakan Pengamanan TPS di tambag du Perwira Pengawasan dan Pengendalian pada tiap-tiap desanya.

“Apabila terdapat permasalahan atau sengketa, segera lakukan tindakan yang sesuai SOP pengamanan dan melaporkan secara berjenjang pada tingkat pimpinan ke atas,” jelasnya.

Kapolres, juga meminta, agar personel yang yang ditunjuk sebagai Pengamanan baik dari TNI maupun Polri agar menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkades.

Sementara, lanjut Kapolres, setiap pergeseran logistik Pilkades agar personel selalu melekat melakukan pengawalan guna mengantisipasi adanya potensi kerawanan.

“Semua kendali tekhnis penggunaan kekuatan maupun pergeseran pasukan ada dibawah kendali Kapolsek jajaran dan Kabag Ops, secara umum Kapolres Bangka Selatan,” tegasnya.

Sedangkan, untuk personil Polres Bangka Selatan Lainnya akan standby di Mako Polres Bangka Selatan, dan apabila sewaktu – waktu perlu penebalan di Polsek akan didorong ke Lokasi dimaksud.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Basel, Kompol Rusnoto, menyampaikan, bahwa, setiap dinamika situasi di wilayah pada saat pelaksanaan Pilkades jangan under estimate namun harus tetap over estimate mengingat setiap saat situasi dapat berubah.

Menurutnya, penyampaian yang disampaikan oleh Kapolres Bangka Selatan agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Kami Siapkan 58 Personil yang melaksanakan Pengamanan pada hari ini baik yang terlibat langsung di pengamanan tps, maupun Patroli, Monitoring dan Lainnya. Namun kami juga menyiapkan personil pengamanan yang telah di siagakan di Mako Polres Basel sebagai Backup apabila sewaktu-waktu di perlukan atau sesuai petunjuk Kapolres, Selain itu kami juga bersinergi dengan TNI dan Sat Pol PP dalam melakukan Pengamanan” Tutup Kabag Ops

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini