WhatsApp Image 2019-09-20 at 02.14.50
Kapolres didampingi Kapolsek Toboali dan Bhabinkamtibmas sosialisasi cegah Karhutla

Tribratanews, Polres Bangka Selatan, seluruh Jajaran Polres Bangka Selatan sangat serius melakukan pemahaman tentang bahaya karhutla di kabupaten Bangka Selatan.

Tampak kegiatan yang langsung dipimpin oleh Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji yang didampingi Kapolsek Toboali dan Bhabnkamtibmas Desa Rias dimana turun langsung menemui warga memberikan sosialisasi karhutla kepada masyarakat Desa Rias tentang  larangan membakar hutan sesuai dengan Perundang Undangan yang berlaku.

“Kegiatan-kegiatan seperi ini telah kami lakanakan beberapa pecan terakhir, tak lain hanya untuk mengajak warga yang ada di kabupaten Bangka Selatan ini agar peduli dengan situasai musum panas ssat ini untuk  bijaksana dalam melihat kondisi serta bersama-sama mencegah karhutla dengan tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan tanpa memperhatikan resiko yang terjadi nantinya” Kata Kapolres

Selain itu, Kapolres juga mengajak warga agar memperhatikan perbuatan yang sangat simple namun menimbulkan situasi yang berbahaya, seperti membuang punting rokok sembarangan.

“sebuah pepatah kecil menjadi kawan namun besar menjadi lawan memang sangat tepat, api yang kecil sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kebiasaan mereka yang sering merokok, namun harus memerhatikan ketika membuang puntungnya untuk, tidak sembarangan membuang, karena apabila membuang di tempat yang mudah terbakar akan menjadi pemicu terjadinya Kebakaran.

Kapolres juga mengatakan selain sosialisasi iajuga siap menerima laporan pengaduan dari masyarakat apabila ada titik Karhutla yang terjadi di lingkungannya, dikarenakan pihak polres Basel, bersama TNI dan Dinas Pemadam Kebakaran selalu Sigap menangani Karhutla yang ada di Bangka Selatan.

“Apabila ada masyarakat yang mengetahui adanya Karhutla, agar segera melaporkan ke Polres Bangka Selatan, kami (Polres Basel) barsama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangka Selatan dan TNI akan siap membantu memadamkannya” Ujar Kapolres

Setelah melakukan sosialisasi, Kapolres langsung melakukan peninjauan pengecekan beberapa lokasi yang berpotensi titik api di Desa Rias sekaligus serta mengecek debit air Bendungan Mentukul bendungan terbesar di Bangka selatan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini