adadada
Kapolres Saat memberikan arahannya

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Kepolisian Resor bangka Selatan pagi tadi mengumpulkan selutuh personil yang terlibat pengamanan TPS pada 17 April nanti. Personel pengamanan TPS yang akan ditugaskan saat tahapan pemungutan suara saat Pemilu 2019, diberikan pembekalan tekhnis penugasan.

Di gedung Aula Polres Bangka Selatan, para personel perwakilan Polsek jajaran dan Staf Polres mendapatkan gambaran tentang tugasnya saat mengamankan jalannya pesta demokrasi 5 tahunan tersebut, Jumat (05/04).

Dijelaskan Kapolres Bangka Selatan AKBP Aris Sulistyono, SH, MH pelatihan tersebut untuk mengetahui kesiapan personel di lapangan.

“Kegiatan pembekalan ini diikuiti oleh 175  personel Polri baik dari Polres Bangka Selatan maupaun dari Polsek Jajaran ,maksud dan tujuan dalam pembelakan tersebut adalah  untuk memberikan gambaran serta memberikan pemahaman kepada personil Polres Bangka Selatan yang akan melaksanakan pengamanan Pilkada, kami harapkan pilkada berjalan dengan aman, lancar serta tertib. “ jelas Kapolres

Dalam kegiatan itu, diberikan pembekalan tentang hal-hal mana yang tidak boleh dilakukan dan mana yang harus dilakukan oleh petugas pengamanan.

Sebagai contoh di lapangan tidak diperbolehkan masuk ke TPS tanpa permintaan Ketua KPPS.

Untuk kategori TPS, Dari 548 TPS,digolongkan 544 TPS Kurang Rawan, 4 TPS Rawan dan TPS yang Sangat Rawan tidak ada. “Rawan disini, artinya rawan secara geografis. Ada beberapa TPS yang harus ditempuh dengan Kapal atau melalui penyebrangan kapal,” imbuhnya.

Polres Bangka Selatan memberlakukan sistem pengamanan untuk TPS kurang rawan  dengan pola, 2 personel Polri, 16 Linmas untuk 8 TPS. Sedangkan untuk TPS rawan, Polres Bangka Selatan memberlakukan, 2 personel Polri, 4 Linmas untuk 2 TPS. Yang masuk TPS rawan, menurut Kabag Ops adalah TPS yang letaknya susah dijangkau seperti dipulau yang terpisah dari kecamatan Kepulauan serta TPS yang jauh dari kantor Polisi.

Selain itu, ditekankan Kapolres, petugas   pam   TPS   bertanggung   jawab   penuh    terhadap keamanan  logistik / kotak   suara  baik  pada  sebelum, saat, sesudah   pemungutan   suara,   hingga   logistik   sampai  di tingkat KPUD.

Sementara itu dalam pemaparan kabag Ops, Kompol Rusnoto menegaskan tentang personil Polri harus bersikap netral pada saat pengamanan serta selalu berkoordinasi dengan petugas keamanan yang berada di TPS seperti TNI, LINMAS petugas KPPS. Selain itu, Kabag Ops Berpesan kepada personil untuk selalu menjaga kesehatan dan jaga keselamatan diri.

“POLRI harus Netral, itu harga mati. Tingkatkan soliditas kita dengan TNI linmas dan petugas terkait dan ingat untuk selalu manjaga keselamatan dan kesehatan diri” pesan Kabag Ops

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini