WhatsApp Image 2019-04-05 at 08.00.45 (2)
Kapolres Saat Meninjau Kegiatan yang dilakukan oleh para peziarah

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Pengamanan pelaksanaan puncak Ceng Beng atau sembahyang kubur di Toboali dimulai sekitar pukul 04.00 WIB, Jumat (5/4).

Sembahyang kubur pusatkan di Perkuburan China Yayasan Dharma Bakti yang berada di jalan Raya Sadai Desa Puput, Toboali.

Ini merupakan Kegiatan Ziarah atau Ceng Beng atau juga di sebut Qing Ming adalah suatu hari ziarah tahunan bagi etnis Tionghoa. Hari Ceng Beng biasanya jatuh pada tanggal 5 April untuk setiap tahunnya.

Warga Tionghoa biasanya akan datang ke makam kuburan orang tua atau leluhur untuk membersihkannya dan sekalian bersembahyang/pai di makam tersebut sambil membawa buah-buahan, kue-kue, berbagai macam makanan serta karangan bunga.

Sementara itu, Pelaksanaan sembahyang kubur akan dimulai sekitar jam 3 atau 4 pagi hingga selesai, sembahyang kubur di Toboali dipusatkan di Perkuburan China Yayasan Dharma Bakti.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Aris Sulistyono, SH, MH melalui Kabag Ops Polres Bangka Selatan Kompol Rusnoto mengatakan, jalur ke Pemakaman China Yayasan Dharma Bakti sudah ditinjau, titik-titik yang yang menjadi fokus Ceng Beng, semua sudah ditentukan dan akan mendapatkan pengamanan.

“Pengamanan mulai jam 3 pagi sampai selesai, anggota yang pam juga sudah kita siapkan,” kata Kabag Ops.

Dalam Pengamanannya Polres Basel telah menyiapkan 25 Personil. “Untuk pengaman kegiatan tersebut, Kami sudah memploting sebanyak 25 personil pengamanan demi kelancaran dan kekhusukan mereka yang melaksanakan ibadah, diharapkan dengan hadirnya pengamanan tersebut mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat WNI keturan china dalam melaksanakan ibadah ziarah tahunan tersebut.” tegas Kabag.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini