WhatsApp Image 2019-04-03 at 11.29.25 (2)
Dir Binmas bersama Dir Polair didampingi Kapolres bersama Tim Bawaslu dan Masyarakat

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Dirbinmas Polda Babel Kombes. Pol. Rudi Hermanto, SIK didampingi Dirpolair Polda Babel AKBP. M. Zainul, SIK beserta staff menyaksikan simulasi pemungutan suara yang digelar bawaslu Kabupaten Bangka selatan.

Pada simulasi tersebut seorang pemilih membutuhkan 5 sampai 8 menit untuk mencoblos 5 lembar surat suara. Bahkan waktu bisa lebih lama dikarenakan beberapa fakto, seperti usia, kondisi penglihatan dan sebaginya.

Simulasi pemungutan suara ini mengambil sampel TPS di seberah Cafe Wendy Toboali dan balai desa Gadung. Pelaksanaan simulasi ini diselenggarakan layaknya pencoblosan sesungguhnya.

Sebelum dimulai pemungutan suara, petugas TPS terlebih membongkar isi kotak dan menunjukkan ke para pengawas. TPS mulai dibuka pukul 07.00 WIB dan akan berakhir pukul 12.00.

Pemilih yang akan mengikuti pemungutan suara wajib membawa formulir undangan atau C6 dan KTP elektronik. Bagi warga yang tidak membawa, petugas tetap akan menolaknya.

Dalam simulasi riil ini, setiap pemilih membutuhkan waktu rata rata 5 sampai 7 menit untuk mencoblos 5 lembar surat suara. Namun pada saat pemungutan suara 17 April nanti, waktu yang dibutuhkan lebih dari 7 menit.

Salah satu peserta yang ditemui menjelaskan, pada simulasi ini, pemilih tidak perlu mencari calon yang akan dipilihnya. Bisa saja mereka asal coblos nama buah yang tertera di surat suara. Sehingga hal ini tidak memakan waktu yang lama.

Namun pemungutan suara 17 April dipastikan akan memakan waktu lebih lama. Karena tiap pemilih akan butuh waktu tambahan mencari nama calon yang akan dicoblos. Apalagi dalam surat suara, caleg yang akan dipilih hanya tercantum nama, kecuali surat suara DPD dan capres.

“Tadi kan waktunya 5 sampai 8 menit per orang. Itupun karena harus melipat surat setelah dicoblos. Kita tidak dipusingkan mencari nama caleg. Kalau pemungutan suara yang asli pasti akan lebih lama. Karena kita harus mencari nama caleg yang akan saya pilih. Mungkin bisa 10 sampai 15 menit,” ungkapnya.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan, Sahirin, mengatakan simulasi ini untuk menginventarisasi kemungkinan adanya kendala saat pemungutan suara. Termasuk menghitung waktu para pemilih dalam memberikan suaranya.

“Memang tadi melihat setiap pemilih butuh waktu lumayan sampai beberapa menit. Itu nanti kita inventarisir untuk dicarikan solusinya” ujar Ketua.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Babel Kombes. Pol. Rudi Hermanto, SIK dalam sambutanya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Bangka Selatan dan diharapkan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, serta mengajak kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih untuk menggunakan haknya pada tanggal 17 nanti.

“apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak bawaslu kabupaten Bangka Selatan yang telah melksanakn Kegiatan simulasi ini, dan saya mengarapkan kepada seluruh petugas nantinya untuk melayani dengan Hati, sehingga diharapkan masyarakat yang hadir merasakan terlyani dengan baik. Kepada seluruh masyarakat saya karapkan untuk tidak Golput dan Hadir untuk menggunakan hak pilih sebagai warga negara yang baik” ajak Dir Binmas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini