WhatsApp Image 2018-04-05 at 10.00.54
Pengamanan oleh polres basel

Tribrata News Polres Bangka Selatan, Masyarakat Tionghoa di wilayah Toboali, subuh tadi (5/4) melaksanakan Ritual Sembahyang Kubur atau yang lebi poluler dengan istilah cengbeng yang dilaksanakan di Perkuburan China desa Puput Toboali.

Puluhan anggota Personil Polres Bangka Selatan yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bangka Selatan, Kompol Erlichson Pasaribu, SH, SIK melakukan pengamanan ritual ibadah sembahyang kubur sekitar pukul 03.00 wib.

Kabag Ops seizin Kapolres Bangka Selatan, AKBP Aris Sulistyono, SH, MH mengatakan bahwa kegiatan pengamanan merupakan pelayanan terhadap mereka yang akan melaksanakan kegiatan ibadah / ritual sembahyang kubur.

“39 Personil Polres Bangka Selatan baik dari Polsek Toboali dan Polres Bangka Selatan di libatkan untuk melakukan pengamanan,”kata Kata Kabag Ops, Kamis (5/4)

Pengamanan itu di lakukan secara terbuka dan tertutup baik di lokasi pemakaman ‎dan di jalan raya, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Komol Erlichson menambahkan, pengaman‎an tersebut mengantisipasi terjadi hal-hal yang tak di inginkan serta mengantisipasi timbulnya kemacetan di arus lalu lintas jalan Raya Sadai menuju Toboali atau sebaliknya.

‎”Kegiatan Ritual Ibadah Sembahyang Kubur (Ceng Beng) merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh warga Etnis Tionghoa,” kata Kabg Ops

“Ritual sembahyang kubur itu memang dilaksanakan Sekitar Pukul 04.00 WIB namun sengaja kami datang lebih awal dari sebelum pelaksanakan untuk lebih optimal dalam pelaksanaan ibadahnya,” tambahnya.

Dan Kabag Ops mengimbau kepada masyarakat Toboali dan sekitar untuk mendapat memberikan rasa toleransi kepada ‎warga etnis thionghua yang sedang melaksanakan ritual sembahyang kubur serta tetap menjaga situasi Kamtibmas demi terciptanya suasana yang kondusif yang telah tercipta selama ini. (ev) WhatsApp Image 2018-04-05 at 10.00.53

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini