WhatsApp Image 2017-06-18 at 12.51.58(1)Tribratanews Polres Bangka Selatan, Jangan takut dengan Polisi, itulah upaya sosialisasi yang dilakukan oleh Polsek Air Gegas Polres Basel bersama Bhabinkamtibmas dan kapolseknya untuk mengajak anak–anak khususnya yang masih usia dini supaya bersahabat dengan Polisi, Sabtu (17/06/2017). Supaya keberadaannya tidak ditakuti oleh anak–anak, seperti yang dilakukan anggota Kapolsek Air Gegas Iptu Navi, PS, SIK rutin melakukan kegiatan blusukan sosialisasi ke sekolah –sekolah yang ada di wilayah hukum Polsek Air Gegas yang diberi nama 30 Menit Bersama Bhabinkamtibmas merupakan Penjabaran dari program Polisi Sahabat Anak. Selain itu petugas juga berpesan pada orang tua untuk tidak menakuti anak–anak dengan Polisi.

“Polisi kerap sekali dijadikan media untuk menakuti anak–anak. Karena selama ini Polisi kerap dikonotasikan sebagai sosok yang menakutkan,” terang Iptu Navi.

Untuk menghilangkan konotasi tersebut dan supaya tidak ditakuti oleh anak–anak, anggota polisipun melakukan berbagai upaya saat melakukan pendekatan terhadap anak. Termasuk menggunakan pakaian seperti badut dan bermain–main saat melakukan sosialisasi dan menjelaskan tugas–tugas sebagai anggota polisi hingga atraksi sulap seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtimas desa tepus, Brigadir Fardiansyah.

“Kita sangat menyayangkan bagi orang tua yang menakuti anaknya dengan media Polisi. Kalau seperti itu terus, kasihan sama Pak Polisi bukan hanya musuh bagi penjahat, tapi juga dimusuhi anak–anak,” Ujar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, jika kondisi tersebut dibiarkan maka nantinya anak–anak akan cenderung takut pada polisi saat mengalami permasalahan kejahatan dan butuh pertolongan. Jangan sampai melekat memori pada anak–anak yang akan tumbuh besar dan menjadikan polisi sebagai figur yang menakutkan serta dimusuhi.

“Makanya tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah pendekatan kepada anak–anak yang masih polos harus kita tanamkan hal–hal yang positif. Jangan ada kekerasan oleh orang tua saat mendidik anak ataupun menakut–nakuti anak pada saat mengarahkan, selain itu juga mengurangi tingkat kenakalan sejak kini dimana pembinaan kepada anak yang baik akan membentuk generasi penerus bangsa yang baik pula.” pungkas Kapolsek. (ev)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini