gp-sis
Pemeriksaan Pasukan Oleh Waka Polres & unsur Forkominda Kab. Basel

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 2017 – 2022  yang digelar Februari 2017, Polres Bangka Selatan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2017 Kamis (20/10) pagi.

Bertempat di halaman Mapolres Bangka Selatan, apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Waka Polres Basel, Kompol Bim Rekoaji, SE. Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja 2017 tersebut dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 yang diadakan secara serentak di beberapa Propinsi yang melaksanakannya. Salah satunya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyelenggarakan pemilihan Kepala daerahnya (Gubernur & Wakilnya) pada tahun 2017 mendatang.

Pada Apel Gelar Pasukan tersebut diikuti oleh beberapa pihak terkait yang terlibat pengamanan, diantanya Sat Pol PP dan Linmas. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kab Basel Sipioni, Asisten Bupati, Perwakilan Kajari Basel, Kadis Kesbangpol Kab Basel, Ketua Panwaslu, Ketua KPUD Danramil Toboali, Danramil Lepong Ketua LSM se Basel, Para Camat dan undangan Lainnya.

Pada penyampaian Arahan Kapolri yang dibacakan Oleh Wakapolres Basel, Orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia mengharapkan Kesiapsiagaan Polri bersama masyarakat dalam menjaga keamanan di wilayahnya.

img_0200

Setelah apel dilaksanakan dilanjutkan dengan strategi pengamanan dalam bentuk simulasi, ini dilakukan untuk melatih siapan Polres Bangka Selatan dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan, misalnya kontijensi/ rusuh masa.

img_0267

Simulasi tersebut dilaksanakan oleh seluruh personil Polres Bangka Selatan dan Polsek Jajaran yang tersusun dalam sekenario yang dibuat oleh Bagian Operasional Polres. Dalam sekenario diasumsikan bahwa ada kecurangan dalan proses penghitungan suara hingga salah satu pasangana yang dirugikan melaksanakan unjuk rasa yang kemudian berubah menjadi anarkis.

img_0411

Disaat itulah Polres Bangka Selatan menjalankan SOP dalam hal pengendalian masa hingga menguraikan masa yang anarkis tersebut.

Selain menunjukan kesiapsiagaannya, Polres Basel juga menampilkan pentahapan dalam pilkada, yaitu mulai dari kampanye, pndistribusian Logistik pilkada, pengamanan Tps hingga hitung dan Penetapan suara / pleno di KPUD.

img_0429

kita sudah siap mengamankan dengan peralatan dan kelengkapan yang ada, seperti strategi diperlihatkan oleh gabungan Polres Bangka Selatan  dan  Jajarannya. “Yang tadi Hanya Simulasi, kita tidak mengharapkannya itu untuk terjadi di negeri Junjung Besaoh ini, walaupun demikian tetap siaga. Kami Polres Bangka Selatan dan jajaran Siap mengamankan Pilkada Serentak di Wilayah Bangka Selatan ini” Kata Wakapolres Basel. (ev)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini