ka laka
Kapolres (baju abu) saat memberikan Pertolongan di TKP

Tribratanews Polres Bangka Selatan. Rasa kepedulian dan kemanusiaan Kapolres Bangka Selatan, AKBP Satria Rizkiano, SIK, Msi pada saat hari libur kerja (weekend) di wilayah hukumnya memang saat tinggi. Terbukti pada saat banjir yang menyebabkan putusnya jalur utama penghubung kota Toboali dan ibukota provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, ia langsung ke TKP dan melakukan upaya untuk membantu warga masyarakat yang terhambat perjalannanya dimana pada saat itu suasana masyarakat sedang libur hari raya imlek. Selain itu ketika terjadi musibah di tengah masyarakatpun Kapolres langsung datang kerumah warga yang terkena musibah. Bukan itu saja, Banyak kegiatan antisipasi ataupun pencegahan gangguan masyarakat  ia juga kerap berpatroli menggunakan sepeda motor dan menyinggahi warga masyarakat dengan memberikan himbauan atau mendengar apabila ada keluh kesah masyarakat tentang pelayanan Kepolisian di wilayah hukumnya.

Hari ini Minggu tanggal 14 Agustus 2016 Kapolres Bangka selatan saat memantau wilayah perbatasan Bangka Selatan dan Bangka Tengah kapolres mendapat informasi dari masyarakat bahwa sekira pukul 16.30 Wib di tikungan ujung Desa nangka Kecamatan Air Gegas, telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kerdaraan truk dan mobil penumpang.

Mendapat laporan tersebut Kapolres didampingi Kapolsek Air Gegas dan personilnya di backup Satuan Lalu lintas polres Bangka Selatan bergerak cepat menuju lokasi kecelakan tersebut. Di TKP Kapolres segera memerintahkan personilnya untuk segera melakukan tindakan kepolisian (Olah TKP Laka Lantas) sesuai SOP yang telah di tetapkan. Tidak hanya memerintah saja, ia tak tanggung-tanggung untuk memberikan pertolongan pertamanya dan mengangkat korban serta mengatur arus lalu lintas untuk membantu personilnya yang sedang melaksanakan tugas.

Kapolres bangka selatan menjelaskan bahwa berawal sekira pukul 16.30 Wib ketika mobil avanza berwarna putih bernopol BN 1425 VL melaju dari arah Pangkalpinang menuju Toboali, ketika sampai pada tikungan ujung Desa nangka datang dari arah Toboali truck berwarna kuning dengan Nopol  B 9757 WS sehingga terjadi tabrakan dan mengakibatkan kedua depan mobil kearah Pangkalpinang. Adapun identitas pengemudi toyota avanza yaitu Kiki Burmansyah (35) jalan Teladan Toboali Kab. Basel Mengalami luka lecet dan penumpangnya H. Arsani tayib  (87) Mengalami patah pada bagian kaki

imhfgdf
Kapolres Saat mengangkat korban untuk di bawa ke RSU Bateng

Untuk selanjutnya supir dan penumpang mobil toyota Avanza dilarikan ke Rumah Sakit Umum Bangka Tengah sementara itu melarikan diri dan masih dalam penyelidikan anggota Sat lantas Polres Basel dan Polsek Air Gegas.

Dalam akhir penjelasannya, Kapolres menghimbau kepada seruruh masyarakat pengguna jalan agar mematuhi segala bentuk peraturan berlalulintas dengan baik dan benar, semisal ada marka jalan yang bergaris tidak putus putus hendaknya tidak disalip karna itu akan membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya dan diri sendiri tentunya. Faktor cuaca yang tidak menentupun bisa menjadi faktor penyebab. “kejadian ini salah satunya, akibat jalan yang licin setelah hujan bisa jadi penyebab kecelakaan juga kan?” kata kapolres saat menemui warga yang menyaksikan personil Polsek dan sat lantas melakukan oleh TKP.kapolres juga menghimbau kepada masyarakan apabila menemukan suatu kejadian laka lantas hendaknya untuk mambantu pihak kepolisian danam mencari keterangan berupa kesaksian. “Jangan takut untuk menjadi saksi, kami (Polres Basel) sangat membutuhkan peran masyarakat dalam proses penyidikan, dan saya sangat mengharapkannya”

Selain itu kapolres mengharapkan peran instansi terkait untuk meningkatkan kepedulian terhadap titik kerawanan kecelakaan di wilayah Bangka Selatan dengan menambah Rambu-rambu, lampu menerangan ataupun Kaca cembung pada tiap tikungan yang rawan kecelakaan. (ev)

1 KOMENTAR

  1. kami sekeluarga berterimakasih kepada pak kapolres setelah memberi pertolongan pertama korban kecelakaan mamang saya kiki dan mang sani

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini