image5
Kapolres Memantau Langsung Lomba Olah TKP

Tribratanews Polres Bangka Selatan. Polres Bangka Selatan menggelar lomba olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang diikuti jajaran Polsek. Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut HUT ke-70 Bhayangkara diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan teknis anggota dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari pagi ini (sabtu 25/06)  tersebut melibatkan penyidik dari jajaran Polsek dan Satuan Fungsi Polres Bangka Selatan. Adapun kasus yang ditangani berbeda-beda.

Kepolres Bangka Selatan, AKBP Satria Rizkiano, Sik, Msi mengatakan kegiatan ini digelar untuk melihat kemampuan anggota di tingkat Polsek dalam melakukan penyidikan di TKP. Pasalnya, jajaran Polsek merupakan pihak pertama yang melakukan penyidikan saat terjadi perkara hukum.

“Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang latihan anggota agar lebih cakap saat melakukan olah TKP, khususnya di tingkat Polsek,” ungkapnya saat ditemui di Mapolres Bangka Selatan, Sabtu (25/06) Menurutnya melalui kegiatan ini kepekaan intuisi anggota dalam melakukan olah TKP akan semakin teruji. Sehingga saat melakukan penanganan di TKP yang sesungguhnya, anggota tidak canggung dan dapat mengungkap bukti-bukti yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tindak kriminalitas.

“TKP merupakan gudangnya barang bukti, sehingga kami ingin semua anggota memiliki kecakapan yang cukup dalam menanganinya. Meski pada perkara tertentu ada unit khusus yang akan memberikan bantuan (Inafis),” paparnya.

Selain itu, lomba olah TKP ini bertujuan memeriksa kesiapan anggota di tingkat Polsek. Hal tersebut menyusul setiap Mapolsek sudah dibekali dengan alat olah TKP yang memadahi.

“Polsek mendapatkan bantuan tool kit olah TKP dari Polda Babel. Jika tidak dilatih, anggota bisa kesulitan menggunakan peralatan yang diberikan ini,” akhir Kapolres  (ev)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini