IMG_0222
Perbincangan Santai di Warung Makan Sederhana

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Baru-baru ini kita kembali dikejutkan oleh pemberitaan baik di media elektronik maupun media cetak mulai dari aksi teror di Jakarta yang mengakibatkan masyarakat harus meregang nyawa dan peristiwa tentang kegiatan Radikal hingga masalah Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Mengacu pada kejadian ancaman aksi / kegiatan tersebut, perlu adanya suatu rencana strategis guna mengantisipasi potensi ancaman yang ada. Antisipasi tersebut dapat kita lakukan melalui pemberdayaan fungsi “Deteksi Dini dan Cegah Dini”.  Untuk mencegah terjadinya  terorisme yang menitikberatkan pada tindakan preventif, di Kabupaten Bangka Selatan.

Menyadari hal tersebut Kapolres Bangka Selatan AKBP Satria Riskiano, SIK, Msi, kemarin, Jumat (29/01) mengajak Danramil Toboali membahas tentang permasalahan tersebut. Menggerakan Babinsa bersama Babinkamtibmas adalah ujung tombak di sebuah wilayah atau desa sebagai barometer keberhasilan dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Jadi sinergitas diantaranya, harus terjalin erat untuk keberhasilan suatu tugas di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

Kapolres berharap agar Babinsa, Babinkamtibmas bisa menjalankan tugas dengan sinergi atau bekerjasama yang artinya berjalan dengan berdampingan dalam menjalankan tugas sehingga tercapai kesepahaman antara Babinsa dan Babinkamtibmas.

“Tingkatkan soliditas dan sinergitas dengan Babinkamtibmas dalam rangka mengoptimalkan pembinaan di wilayah,” tegas Kapolres

Serlain itu, diharapkan seluruh elemen masyarakat harus dilibatkan sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing, seperti Aparat Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah/ Kepala Desa dan LSM yang merupakan bagian  aparat negara yang berada di daerah pedesaan harus bisa secara bersama-sama bersatu padu, bersinergi untuk bisa melaksanakan upaya “Preventive Defence” atau upaya cegah dan deteksi dini setiap potensi ancaman gangguan yang terjadi

Pertemuan singkat membahas permasalahan serta sinergitas tersebut dilaksanakan dengan santai, di sebuah warung makan sederhana di jalan Puput Toboali dihadiri Pejabat Polres dan Anggota Koramil Toboali. (ev)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini