IMG_1438
Kapolres Bangka Selatan, AKBP Satria Rizkiano, SIK, Msi

Tribratanews Bangka Selatan, menindaklanjuti kejadian rentetan ledakan bom di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang disertai baku tembak pada Kamis pagi sekitar pukul 10.30 WIB Jakarta kemarin (14/01), Kapolres Bangka Selatan, AKBP Satria Rizkiano, SIK, MSi menjelaskan bahwa perlu ditingkatkan lagi kewaspadaan terhadap Lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Jangan Underestimate, selalu waspada, tingkatkan lagi Patroli Sinergitas antar fungsi dan Polsek, berikan rasa aman dan perlindungan terhadap masyarakat di Bangka Selatan ini” Tegas Kapolres kepada personilnya.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan di desa, Kapolres memerintahkan Kapolsek agar Bhabinkamtibmas bersinergi dengan masyarakat untuk berpatroli pada malam hari di wilayah binaannya. Aktifkan kembali Pos Kamling yang ada di desa-desa, menurut Kapolres pos kamling merupakan lapisan pertama sebagai filter setiap aktivitas masyarakat yang keluar masuk di lingkungannya serta penggerak pencipta rasa aman di desa. “peran masyarakat, serta dukungan masyarakat dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif sangatlah vital, oleh karena itu kami mengharapkan juga peran dari masyarakat seperti, Tokoh Masyarakat, alim ulama, tokoh agama, Kepala lingkungan, kepala desa, kelurahan bahkan kecamatan pun untuk selalu bekerjasama dalam rangka memberikan serta menjaga keamanan” Lanjut Kapolres.

Kapolres mengharapkan peran Kepala Lingkungan untuk tidak kendur, misalnya perihal wajib lapor bagi tamu yang menginap atau pendatang baru. “Pengaktifan wajib lapor dalam 1×24 jam ini, bertujuan supaya RT dan RW dapat mengetahui apakah pendatang tersebut akan menetap di lingkungannya dan memiliki kartu identitas diri. Jadi, partisipasi aktif dari RT/RW sangat diharapkan untuk membantu memantau penduduk pendatang yang masuk ke wilayahnya masing-masing, guna mencegah hal-lah yang tidak diinginkan” imbuh Kapolres

Selain itu Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan isu yang beredar di tengah masyarakat atau berita yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan, karena akan berdampak pada keresahan dan kepanikan di tengah-tengah masyarakat. “bilamana ada masyarakat mendapat informasi yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, agar segera menghubungi Polres Bangka Selatan atau Kepolisian setempat” Pungkas Kapolres. (ev)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini