Terkini

Pages

Categories

Search



Bersama Forkopimda, Polres Basel Ikuti Upacara Hari Bhayangkara Ke 74 Secara Virtual

Bersama Forkopimda, Polres Basel Ikuti Upacara Hari Bhayangkara Ke 74 Secara Virtual

by
1 July 2020
HEADLINE, POLISI KITA
No Comment

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Memperingati hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara ke 74, Polres Bangka Selatan mengikuti upacara secara virtual yang tersambung langsung dengan prosesi upacara di Istana Negara, Jakarta dan dipimpin Presiden Indonesia, Ir H Joko Widodo, Rabu (1/7).

Upacara secara virtual di ruangan Rajawali Polres Bangka Selatan dipimpin Kapolres Bangka Selatan AKBP S. Ferdinand Suwarji dan diikuti oleh Forkopimda Bangka Selatan seperti, Bupati Bangka Selatan, Dr. Ir. Drs. H. Justiar Noer, MSi, MM, BAE, Ketua DPRD Bangka Selatan, Baak Erwin Asmadi, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan, Ibu Mayasari, SH, MH, Dandim 0413/Bangka yang di wakili Darramil Toboali, Mayor Inf Istiyari, Danlanal Babel yang diwakili Danposmat AL Toboali dan Sadai, Ketua MUI Bangka Selatan, Bapak H. Zahirin Sofyan, SH dan Para Bejabat Utama Polres Basel serta Kapolsek Jajaran.

“Upacara dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara,” kata Kapolres menjelaskan prosesi upacara.

Tahun ini, kepolisian mengusung tema ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’ dengan beberapa kegiatan peringatan Puncak kegiatan pada hari ini.

Kapolres menegaskan bahwa beberapa kegiatan yang diusung tetap menyesuaikan kondisi saat ini dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus corona.

“intinya Rangkaian kegiatan Hari Bhyangkara akan dilaksanakan secara sederhana. Konsepnya menyesuaikan kondisi saat ini,” jelas Kapolres.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi meminta Polri mengawasi dan menjaga stabilitas Indonesia di tengah pandemi COVID-19. Selain itu, presiden pun mengingatkan potensi gangguan keamanan jelang pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19. Menurut Presiden, keterlibatan Polri hingga level bhabinkamtibmas penting dalam mengajak masyarakat patuh protokol kesehatan, mengawal pembagian bantuan sosial ke masyarakat dan menjaga keamanan. Akan tetapi, Jokowi ingin reformasi Polri tetap harus berjalan. “Walaupun saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi COVID-19 tapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan,” kata Presiden saat membacakan amanatnya.

Presiden mengingatkan, Polri harus memperbaiki diri agar lebih profesional dan modern. Lanjutnya, presiden ingin agar segala kelemahan berubah menjadi kekuatan baru karena tantangan dunia semakin kompleks dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, hingga kejahatan yang berkaitan kekayaan negara. Hal tersebut semakin menantang apalagi ditambah Pilkada 2020. “Potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga perlu terus diwaspadai terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di akhir tahun 2020 di bulan Desember,” kata Presiden. Presiden mengatakan, pengamanan Pilkada sebelumnya, yakni Pilkada 2017 dan 2018 sudah cukup berat. Kini, beban semakin berat dengan adanya pandemi COVID-19 dan protokol kesehatan. Meski berat, Jokowi mengatakan, “saya tahu tugas ini tidak lah mudah namun saya yakin Polri TNI serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik”.

Point amanat, Presiden juga menitipkan 7 pesan kepada para anggota Polri:

  1. Terus pegang teguh serta amalkan nilai-nilai Luhur Tribrata dan catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas jaga kehormatan. Jaga kepercayaan, jaga kebanggaan sebagai anggota Polri.
  2. Terus melakukan reformasi diri secara total bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan terpercaya.
  3. Terus mantapkan soliditas internal perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin Kompleks.
  4. Terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan Humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.
  5. Terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.
  6. Terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.
  7. Harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Syukuran dan ramah tamah.

e v

Other posts by