Terkini

Pages

Categories

Search



Kapolres : Hindari Virusnya, Bukan Orangnya

Kapolres : Hindari Virusnya, Bukan Orangnya

by
26 June 2020
HEADLINE, POLISI KITA
No Comment

Tribratanews Polres Bangka Selatan, Banyak pasien dan tenaga kesehatan yang mendapatkan stigma buruk terkait virus covid-19 baik itu pasien yang berstatus ODP/PDP. Hal ini menunjukan masihadanya kekurangan informasi tentang Covid-19 yang diperoleh masyarakat.

Berbagai upaya sosialisasipun selalu di gaungkan dari pemerintah pusat hinggga daerah serta kepolisian di seluruh Indonesia yang selalu mengaungkan tentang sosialisasi  Covid 19.

Dari mulai jaga jarak, penggunaan alat pelindung diri seperti masker, jaga kebersihan dengan cara selalu mencuci tangan menggunakan air mengalir atau penggunaan handsanitizer seperlunya, dan prosedur kesehatan selalu didengungkan ke masyarakat baik secara door to door, antar kelompok hingga sosialisasi melalui spanduk, baliho, radio bahkan media cetak maupun online.

Dalam konteks Jaga Jarak Sendiri, Kapolres Bangka Selatan, AKBP S. Ferdinand Suwarji saat menyambangi Warga Desa Kepoh Kecamatan Toboali mengatakan, dalam upaya menjaga jarak, jangan sampai kelewatan. Jaga jarak boleh, tetapi jangan sampai kita mengucilkan apabila ada tetangga kita yang menjadi ODP Maupun PDP karna mereka juga adalah korban. Karna jika kita kucilkan, itu yang malah berbahaya. Akan berdapak pada kehidupan bermasyarakat kedepan, bahkan mungkin akan menyakiti hati atau perasaan mereka.

“Ingat, mereka saudara kita, keluarga kita bahkan bagian dari kehidupan kita” Jelas Kapolres

Sudah seharusnya dalam kondisi saat ini kita harus membantu memberi suport kebutuhan mereka supaya mereka tidak harus keluar rumah. Jika mereka keluar rumah maka yang ada adalah bahaya bagi orang lain.

Selain itu kapolres juga mengatakan bahwa apabila ada masarakat atau warga yang merasa memiliki gejala mirip Covid19, untuk juga melapor ke perangkat desa ataupun ke rumah sakit dengan berkata jujur, seperti menceritakan keluhan hingga riwayat perjalanan.

“Siapapun yang merasakan gejalanya Jangan segan untuk melapor. Jika mereka enggan melapor karna takut di kucilkan, yang rugi adalah kita semua. Datanglah aparat desa untuk mendampingi apabila ingin melapor ke pihak terkait, bahkan bisa juga langsung mendatangi Rumah Sakit dengan berkata apa adanya bahkan harus menceritakan riwayat perjalanan” Tambah Kapolres

Untuk itu mulai dari sekarang di harapkan kepada masyarakat lebih baik lagi dalam menyikapi masalah corona ini dan saat ini kita juga sedang memasuki era New Normal atau Tatanan Kehidupan Baru.

“Mari kita bangun solidaritas. Hindari stigma/ diskriminasi yang malah justru membuat orang dengan gejala takut untuk jujur dan sehingga rantai penyebaran virus ini dapat segera di putus.” Tutup Kapolres

e v

Other posts by