Terkini

Pages

Categories

Search



Polda Kep. Babel Sosialisasikan Siskamling di Polres Basel

Polda Kep. Babel Sosialisasikan Siskamling di Polres Basel

by
2 August 2018
HEADLINE, POLISI KITA, SAT BINMAS
No Comment
WhatsApp Image 2018-08-02 at 10.18.06

AKBP Norul didampingi Wakapolres dan Kasat Binmas

Tribratanews Polres Bangka Selatan , Menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat secara umum memang merupakan salah satu Tugas Pokok Kepolisian Republik Indonesia, akan tetapi di lingkungan masyarakat kecil dalam tingkatan RT / RW. Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat setempat.

Oleh Karena itu, Direktorat Binmas Polda Kepulauan Bangka Belitung melalui Kasubdit Binpolmas, AKBP Norul Hidayat, SIK menggelar kegiatan Sosialisasi dalam rangka Pembinaan Peningkatan Kemampuan Siskamling Kepada Lurah/Kades, Anggota FKPM, Tomas dan toga yang di laksanakan di ruang Aula Polres Bangka Selatan, Kamis (2/08).

Dalam Pemaparannya, AKBP Nurul yang didampingi oleh Wakapolres Basel, Kompol Suwinto, SIK dan Kasat Binmas menjelaskan pelaksanaan kegiatan ataupun aktivitas Siskamling, dilakukan dengan ronda. Ronda adalah berjalan berkeliling (patroli) untuk menjaga keamanan di kampung / desa setempat baik dengan jalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor.

Ronda biasanya terbagi menjadi beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap lini perumahan warga yang termasuk dalam kampung / desa bersangkutan.

Siskamling merupakan upaya bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat yang memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

index

AKBP Norul Saat menjelaskan kepada Peserta Sosialisasi dan pelatihan

Lanjut AKBP Nurul, Kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuh kembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.

Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Perpolisian Masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Selain itu, Siskamling juga Menumbuh kembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga masyarakat, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing Tujuan utama menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta rasa aman dilingkunganya masing-masing dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas maupun bencana alam.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Bangka Selatan, Iptu Slamet menjelaskan tentang manfaat adanya siskamling diantaranya :

  1. Menjaga keamanan dari pencurian, perampokan, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat.
  2. Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya ganguan keamanan masyarakat, musibah, dan bencana alam.
  3. Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh bagian dari masyarakat setempat akan diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan / piket.
  4. Meningkatkan rasa kebersamaan antar penghuni suatu kampung / desa ataupun penduduk secara umum yang tinggal dan atau menetap di lingkungan setempat.

“Oleh karena itu, Kami dari Polres Bangka Selatan mengharapkan sebagai anggota masyarakat sekaligus sebagai warga negara Indonesia yang baik untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan di sekitar tempat tinggal kita dengan ronda / Siskamling berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh perangkat desa dalam hal ini ketua RT setempat.” Tutup Kasat (ev)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *