Terkini

Pages

Categories

Search



Sosialisasi Pengawasan Dana Desa Polres Basel

Sosialisasi Pengawasan Dana Desa Polres Basel

by
21 November 2017
BHABINKAMTIBMAS, HEADLINE, POLISI KITA, SAT BINMAS
No Comment
index

Kapolres saat memberikan arahannya

Tribratanews Polres Bangka Selatan. Bertempat di Gedung Aula Polres Bangka Selatan diadakan sosialisasi tentang pengawasan ADD (Alokasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa) kepada Para Kanit Binmas dan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Bangka Selatan Selasa, (21/11).

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka Polri (Bhabinkamtibmas) akan turut serta dalam pengawasan Dana Desa. Materi sosialisasi disampaikan Langsung oleh Kapolres Bangka Selatan AKBP Bambang Kusnarianto, SIK dan Kasat Binmas Polres Bangka Selatan, Iptu Slamet Riyadi.

“Dana Desa dan ADD agar bisa tepat sasaran dan tepat guna, maka perlu adanya pendampingan dan pengawasan,” kata Kapolres Kapolres

Kepolisian pada kegiatan ini akan bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kepala Desa setempat.

“Yang penting Dana Desa itu kan sumber anggarannya dari APBN, maka kita harus menyelamatkan anggaran negara yang bertujuan untuk membangun dan memberdayakan masyarakat desa agar bisa lebih memberikan manfaat, tepat guna dan tepat sasaran,” jelas Kapolres Bangka Selaatan.

Sedangkan secara teknis, menurut Iptu, Slamet Riyadi, Kasat Binmas Polres Bangka Selatan, anggota Polri khususnya Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) akan mendampingi Kepala Desa (Kades). Sehingga ada pengawasan dalam penggunaan dana desa. Namun demikian pengawasan yang dilakukan oleh anggota Polres Basel tidak pada semua aspek. Semisal, hanya sebatas pengawasan fisik pembangunan yang menggunakan dana desa.

“Polisi (Bhabin Kamtibmas) bukan tugasnya audit, namun kami melakukan pengawasan fisik. Kami hanya mendampingi saja, Kepala Desa kan punya program, misal membangun jalan berapa meter, 500 meter, speknya (spesifikasinya) jalan tersebut seperti apa, Kami lakukan pengawasan apakah betul atau tidak speknya itu,” kata Kasat.

Adapun petugas yang nantinya dikerahkan Polres Basel dalam pengawasan Dana Desa adalah para Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek Jajaran Polres Basel.

“selamat Bertugas, laksanakan Tugas dengan baik, jaga kekompakan dengan segala perangkat desa demi kamtibmas yang kondusif” pesan Kasat (ev)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *