Terkini

Pages

Categories

Search



Polres Basel Siapkan Posko Evakuasi

Polres Basel Siapkan Posko Evakuasi

by
13 November 2017
BAG OPS, HEADLINE, POLISI KITA, SAT POLAIR
No Comment
WhatsApp Image 2017-11-12 at 00.16.53

Kapolres saat memberikan arahan

Tribratanews Polres Bangka Selatan. Kapal TB. Young Tat 9 dengan Tongkang Young Tat 239 pada Jumat (10/11) sekira pukul 08.00 wib tenggelam di Selat Leplia dekat Perairan Kepulauan Pongok Kabupaten Bangka Selatan diduga akibat faktor cuaca yang kurang mendukung.

Kapal tersebut berisi 8 (delapan) anak buah kapal yaitu Nasir Din (Nahkoda), Herman Setiawan (Mualim1), Ambat Alwianus (KKM), Hengki Fan Meihendra (Masinis2), Rudianto (Juru Mudi 1), Asriadi (Juru Mudi2), Arisandi (Juru Minyak), dan Septiawan Agus Dwi (Juru Masak) . Namun dua dari delapan ABK Tersebut yaitu Sdr. Herman Setiawan (Mualim I) dan Sdr. Ambat Alwianus (KKM) berhasil selamat dari insiden tersebut dengan menaiki KM Khatulistiwa 8 yang melintas.

Dari keterangan Herman S (31 tahun) warga Sukabumi, Jawa Barat salah satu korban selamat menjelaskan bahwa Pada hari Jum’at, 10 November 2017, sekira pukul 04.50 WIB, seusai melaksanakan sholat subuh, karena tiba-tiba mengetahui cuaca gelap dan angin sangat kencang. Kemudian ia keluar dari dalam kapal menuju arah buritan untuk melihat situasi dan keadaan. Melihat lambung kiri buritan kapal sudah dalam keadaan terendam air laut yang diperkirakan sedalam 1 (satu) meter serta melihat riding bouy (pelampung) sudah mengapung di atas geladak kapal. Tiba-tiba dengan sangat cepat buritan kapal masuk kedalam air. Karena mengetahui kapal akan tenggelam, kemudian Ia berlari menuju anjungan untuk menyelamatkan diri dan didalam anjungan masih terlihat Nahkoda dan Juru Mudi. Namun sebelum sampai ke anjungan, kapal dengan sangat cepat masuk kedalam air dan tenggelam. Kemudian korban meloncat ke laut dan menyelamatkan diri dengan meraih life craft yang terapung dan sudah terbuka.

Lanjutnya, Ketika ia sudah berada diatas life craft, dari jarak sekitar 25 meter, samar-samar terlihat KKM yang sedang berada diatas air dan berupaya melakukan pertolongan kepada KKM dengan melempar seutas tali tambang kearah KKM. Namun tali tambang tersebut tidak berhasil dijangkau oleh KKM karena tali tambang tersebut selalu tertiup angin kencang. Kemudian ia segera menembakan parasut (SOS) untuk meminta pertolongan kepada kapal yang melintas. Menurut sepengetahuannya, masing-masing keberadaan crew terakhir yaitu Nahkoda dan Juru Mudi berada di anjungan, 2 ABK Sdr Asriadi dan Sdr. Arisandi sedang tidur di ruang ABK, koki sedang masak di dapur, dan Masinis 1 sedang melaksanakan sholat subuh.

Berikut data kapal :

1)    Nama Kapal              : TB. Young Tat 9 / TK. Young Tat 239

2)    Bendera                     : Indonesia

3)    GT                                : 56 GT / 447 KW / 210 Feet

4)    Owner / Agent        : PT. Putra Sihiong Mandiri

5)    Nahkoda                    : Nasir Din

6)    ABK                              : 8 orang

7)    Pelabuhan Asal       : Tanjung Priok

8)    Pelabuhan Tujuan : Pangkal Balam

9)    Muatan                      : Kosong

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Bambang Kusnarianto, SIK bersama Personil Polres Bangka Selatan yang telah di seprinkan turun Langsung ke TKP sejak insiden tersebut terjadi. “Kami dirikan Posko Evakuasi dan Personil siaga di Pelabuhan Sadai (depan Pos Polair Polres Basel) sebagai tempat indormasi dan pelayanan terhadap korban dan keluarga” jelas Kapolres.

Tim Penyelamatan terdiri dari Tim Direktorat Polair Polda Kepulauan Bangka Belitung, Tim Basarnas Provinsi Babel, TNI AL dan tim penyelamatan dari Satuan Polair Polres Bangka Selatan. (ev)

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.52.18

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.52.19

WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.52.06


WhatsApp Image 2017-11-13 at 09.52.10



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *