Terkini

Pages

Categories

Search



Kabid Humas : “Setiap Anggota Polri Mengemban Fungsi Kehumasan”

Kabid Humas : “Setiap Anggota Polri Mengemban Fungsi Kehumasan”

by
22 November 2016
HEADLINE, POLISI KITA
No Comment
kbdhms

Kabid Humas didampingi Kapolres Basel saat menyampaikan Materi Sosialisasi

Tribratanews Polres Bangka Selatan. Selasa Pagi (22/11) Polres Bangka Selatan Kedatangan Tim Supervisi dari Bid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung. Dipimpin oleh Kabid Humas Polda Kep. Babel, AKBP Abdul Mun’im SE, SH, Msi, tim disambut langsung oleh Kapolres Bangka Selatan, AKBP Satria Rizkiano, SIK, Msi, MM di ruang kerjanya.

Selain mengadakan Supervisi, Tim juga melakukan sosialisasi tentang Hasil Workshop Fungsi Humas. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang briefing Polres Basel yang dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Basel, dan perwakilan masing-masing Bagian, Satuan, seksi, serta Polsek jajaran.

Dalam sambutan Kapolres Bangka Selatan, ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi personil dalam menjalankan tugas Kepolisian, disatu sisi peran kehumasan dalam memberikan informasi kepada masyarakat merupakan hal yang penting dalam menyampikan kinerja Kepolisian.

“Saya berharap setelah dari penyelanggaran sosialisasi kehumasan ini, para personil menumbuhkan cara pandang arti penting fungsi Kehumasan khususnya Polres Bangka Selatan dan jajaran, sehingga semua semakin berperan dalam membangun citra dan reputasi yang positif di tengah-tengah masyarakat,” harap Kapolres.

Sementara itu pada penyampaian materi sosialisasi, Kabid Humas menekankan kepada seluruh personil Polres Bangka Selatan agar berperan penting dalam menjalankan fungsi kehumasan, karena apabila masyarakat membutuhkan informasi dapat disampaikan dengan baik dan dapat dipertanggung jawabkan sehingga dapat menetralisir segala isu – isu yang beredar di tengah masyarakat melalui gosip ataupun media sosial  yang akan berdampak pada situasi dan keamanan di wilayah itu sendiri. Namun apabila ada pemberitaan / hal atau informasi yang masih belum dipahami untuk disampaikan agar dilakukan secara berjenjang melalui pimpinan atau ankum di kewilayahan.

Kabid humas juga menyampaikan tentang IMM (Intelegen Media Manajemen). Dunia media informasi sekarang ini berkembang dengan pesat. Media cetak, elektronik dan internet,  dapat dengan cepat diakses oleh masyarakat. Untuk dapat memonitoring isu yang terjadi di masyarakat, Polri membuat formula yang mereka sebut dengan Intelligence Media Management (IMM) atau Intelijen media manajemen.

bbababa

Kabid Humas & Kapolres Basel

Kabid Humas,  menjelaskan, intelijen media adalah  sebuah sistem yang mengumpulkan seluruh pemberitaan dari media online lokal dan internasional, media cetak, stasiun televisi, Youtube, twitter, Facebook dan Sosial media lainnya. Seluruh data tersebut langsung dianalisis secara  otomatis oleh Intelligence Media Management (IMM) dengan menggunakan Artficial Intelligence/robot.

Sistem informasi media merupakan salah satu strategi Polri untuk membangun kepercayaan terhadap publik. Perananan Humas Mabes polri, Polda hingga level Polsek sangat signifikan berperan aktif sebagai pembentuk persepsi positif.

Selain itu, melalui intelijen media dapat memudahkan  Polri dalam menganilisis isu dan melakukan mapping, menentukan strategi komunikasi yang akan dilakukan.  “Setelah dianalisis, dapat menjadi suatu rekomendasi kepada pimpinan,” tutup Kabid. (ev)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *