Terkini

Pages

Categories

Search



Cegah Kenalakan Remaja, Sat Sabhara Tingkatkan Patroli Remaja

Cegah Kenalakan Remaja, Sat Sabhara Tingkatkan Patroli Remaja

by
8 January 2016
HEADLINE, POLISI KITA, SAT SABHARA
No Comment

image

Tribratanews Polres Bangka Selatan – Maraknya tindak kenakalan remaja serta keterlibatan remaja pada tindakan yang mengarah pada kriminal membuat Sat Sabhara meningkatkan intensitas patroli rutin dalam bentuk putar wilayah hingga dinihari. Patroli difokuskan untuk membubarkan anak nongkrong lewat atau tidak wajar di wilayah Toboali.

“Ini untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di lingkungan, khususnya kenakalan remaja,” kata Kasat Sabhara, AKP Edison Toha, SIP seizin Kapolres Bangka Selatan AKBP Satria Rizkiano, SIK, MSi.

Dia menjelaskan, patroli digelar mulai pukul 20.00-04.00 WIB. Giat turut melibatkan seluruh Personil Sabhara yang kemudian pada pelaksanaan dibagi menjadi 2 regu. Kami selalu mengedepankan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dalam melaksanakan tugas tersebut.

“Melibatkan masyarakat untuk membangun kesadaran mereka agar ke depannya bisa mandiri membina dan monitoring potensi konflik di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

image(8)

unit Patroli Sabhara saat memberi himbauan kepada komunitas Vespa

Adapun target sasarannya, lanjut Kasat, adalah ABG atau anak muda yang berkumpul dan nongkrong lewat dari pukul 22.00 WIB. Jika kedapatan ada yang masih nongkrong, maka langsung dibubarkan dan diimbau untuk pulang ke rumah. kami juga melakukan pengeledahan kepada remaja yang kami curigai akan meresahkan, baik orang ataupun kendaraan, yang bilamana pada saat pengeledahan ditemukan benda atau barang yang membahayakan orang lain seperti sajam, miras, sejenisnya akan kami amankan ke Mapolres selanjutnya kami proses sesuai ketentuan yang berlaku.

“Anak sekolah apalagi, sudah tidak berkepentingan berkumpul malam-malam. Kalau tujuannya jelas dan alasannya logis, tentu tidak masalah. Sekarang kebanyakan tidak jelas,” tuturnya.

Dia mengimbau para orang tua untuk turut menjaga dan memberikan pembelajaran kepada anaknya dengan baik. Seperti tidak keluar rumah sampai larut malam dan lebih baik belajar.

“Peran orang tua sangat vital di sini. Jika tidak ada keperluan mendesak atau penting, sebaiknya orang tua tidak mengizinkan anaknya keluar sampai larut malam, selain itu kami juga sangat mengharapkan kepedulian warga sekitar untuk menjaga keamanaan di lingkungannya”

“Selain itu pada hari-hari tertentu Unit Patroli Sat Sabhara juga bersinergi dengan fungsi lain, misalnya Satuan Lalu lintas dalam hal pengaturan, perbantuan evakuasi olah TKP pada Sat reskrim bahkan apabila insansi lain membutuhkan bantuan kepolisian. Pada intinya kami Satuan Sabhara Polres Bangka Selatan Sangat peduli dengan generasi penerus Bangsa di Bangka Selatan ini, para pemuda pemudi di negeri Junjung Besaoh ini” pungkasnya. (ev)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *